Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-07-2022
  • 324 Kali

Pemdes Juluk Gelar Sosialisasi Eks PNPM-MPd Menjadi BUMDesma

Media Center, Senin ( 04/07 ) Pemerintah Desa (Pemdes) Juluk, Kecamatan Saronggi menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Sosialisasi Transformasi Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) menjadi Badan Usaha Milik Desa bersama (BUMDesma), di Balai Desa setempat.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Kecamatan Arman Mustafa, S.Sos, M.H., Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), Kepala Desa Juluk, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggota, perangkat desa, serta tokoh masyarakat lainnya.

Kepala Desa (Kades) Juluk Taufik Rahman, S.E., mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan agar masyarakat paham tentang aturan dan manfaatnya baik untuk desa maupun masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan agar warga Desa Juluk paham secara detail apa yang dijelaskan oleh pihak PNPM mengenai aturan-aturannya mulai dari pembentukan hingga berjalannya BUMDesma,” kata Kades Juluk dalam sambutannya, Senin (04/07/2022).

Menurutnya, transformasi eks PNPM yang menjadi BUMDesma dapat mendatangkan keuntungan besar bagi masyarakat dan layak untuk dilestarikan.

“Oleh karena itu, saya sangat mendukung dan berharap BUMDesma dapat berkembang dengan unit-unit usaha lainnya, sehingga memberikan penghasilan tambahan untuk pemerintah desa, serta memberikan manfaat dalam bentuk bantuan sosial,” imbuhnya.

Ketua PNPM Kecamatan Saronggi Moh. Sakur menyampaikan, transformasi ini dilaksanakan sesuai aturan yang ada dan dilaksanakan secara bertahap, sehingga masyarakat merasa nyaman dan terlindungi.

“BUMDesma ini dibentuk sebagai wujud atas aset dana bergulir eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan. Maka seluruh UPK harus bertransformasi menjadi BUMDesma,” terangnya. ( KIM-SKMS/Ismi,Fer )