Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-07-2022
  • 664 Kali

Menko PMK Muhadjir Effendy : Perluas Layanan Posyandu Demi Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Media Center, Sabtu ( 02/07 ) Pemerintah merencanakan meningkatkan pelayanan kesehatan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di desa dan kelurahan, sehingga tidak hanya melayani bayi dan ibu hamil. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Posyandu keberadaannya sangat diperlukan untuk mendekatkan upaya promotif dan preventif kesehatan kepada masyarakat, sehingga pelayanannya membutuhkan pengembangan agar lebih luas.

“Selama ini, Posyandu melayani bayi, ibu hamil dan mengatasi stunting, namun harus dikembangkan pada layanan kesehatan, yakni lansia dan remaja,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy di sela-sela Pelantikan Majelis Daerah Korps Alumni HMI (MD KAHMI) dan Forum Alumni HMI-Wati (FORHATI) Kabupaten Sumenep, di Pendopo Agung Keraton, Sabtu (02/07/2022).

Pengembangan layanan Posyandu dilakukan dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat desa dan kelurahan, karena selain mereka mendapat layanan kesehatan juga bimbingan, baik kepada remaja puteri dan lansia.

“Pelayanan lansia dan remaja ini salah satunya adalah bimbingan terhadap remaja putri sampai lansia," tuturnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy menjelaskan, saat ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, sedang melakukan program transformasi sistem ketahanan kesehatan Indonesia.

"Pemerintah membantu peralatan termasuk obat-obatannya yang tidak hanya melayani kesehatan bayi dan ibu hamil saja, namun juga remaja dan lansia, ” jelasnya. ( Yasik, Fer )