Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 27-11-2020
  • 612 Kali

Dispendukcapil Konsentrasi Proses Seribu KIA Tahun 2021 Rampung

Media Center Jum'at ( 27/11 ) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep saat ini konsentrasi memproses Kartu Identitas Anak (KIA). Sebab, selain blangko kartu yang terbatas, kondisi pandemi Covid-19 menjadi kendala penuntasan pembuatan KIA.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep, Sahwan Efendi mengungkapkan, pembuatan KIA tahun ini memang kurang maksimal, namun pencetakan kartu tersebut diupayakan tuntas pada 2021 mendatang.

"Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui petugas Registrasi Desa (Redes) atau petugas Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) agar bisa menjangkau seluruh wilayah di Sumenep ini," ungkap Syahwan, Jum'at (27/11/2020).

Dikatakan, Dispendukcapil saat ini sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan berbagai lembaga pendidikan mulai Dinas Pendidikan hingga kantor Kementerian Agama Sumenep guna ikut mendukung penuntasan KIA.

Di sampaing itu menurut Syahwan, dari target 243 ribu anak wajib memiliki KIA, hanya 30 ribu yang baru bisa diselesaikan pada 2019 lalu, sedangkan sisanya akan dirampungkan pada tahun ini sebanyak 100 ribu kartu dan ditargetkan rampung pada 2021 mendatang.

"Diharapkan semua komponen bisa bersinergi sehingga tahun depan akan rampung seluruhnya," tambahnya. ( Ren, Fer )