Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-04-2024
  • 1110 Kali

Enam Desa di Kabupaten Sumenep Dapat Program Pamsimas 2024

Media Center, Rabu ( 24/04 ) Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2024, akan dilaksanakan di enam Desa di empat kecamatan yang ada di kabupaten paling timur di Madura ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Dinas PUTR) Kabupaten Sumenep, Eri Susanto, melalui Kepala.Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP), Dedi Falahuddin, menjelaskan, program Pamsimas tersebut sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 775/KPTS/M/2024. 

Dan keenam sasaran Pamsimas tersebut yakni, Desa Legung Barat, Lombang, dan Desa Totosan Kecamatan Batang-batang, Desa Gedang-gedang Kecamatan Batuputih, Desa Lanjuk Kecamatan Manding, dan Desa Tambak Sari Kecamatan Rubaru.

"Untuk pelaksanaan kegiatan Pamsimas masih menunggu Juklak dan Juknis dari pusat, dan kemungkinan Mei depan sudah mulai dilaksanakan, karena pendampingan juga sudah dimulai," jelas Dedi, Rabu (24/04/2024).

Diakuinya, jika prinsipnya pelaksanaan program Pamsimas memiliki tujuan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni untuk meningkatkan akses pelayanan air minum yang layak bagi masyarakat khususnya di wilayah perdesaan.

Hanya saja jika sebelumnya, hanya dilakukan pengeboran dan tandon, namun kali ini ditambahkan untuk sambungan ke rumah-rumah warga.

Dikatakan pula Pamsimas diarahkan kepada masyarakat yang berada di kawasan desa kering, desa lokus tengkes (stunting) dan tidak ada layanan air bersihnya. Sehingga dengan Pamsimas masyarakat dapat menerapkan praktik hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

"Karenanya, Program Pamsimas juga melibatkan partisipasi swadaya masyarakat dan Kepala Desa setempat sebagai pembina," tandasnya. ( Ren, Fer )