Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 27-03-2024
  • 115 Kali

Upaya Babinsa Usir Hama Padi di Lahan Petani Desa Lembung Timur

Media Center, Rabu ( 27/03 ) Guna menghasilkan panen padi yang maksimal para petani harus super ekstra menjaga tanaman padi mereka dari serbuan si burung pipit di lahan padi yang sudah mulai menguning dan hampir panen ini.

Kondisi tersebut membuat Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng Koptu Agus Roni, turut membantu petani untuk mengusir hama burung yang mengganggu tanaman padi menjelang panen di Desa Lembung Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Rabu (27/03/2024).

“Pagi ini kami membantu petani memantau kerusakan yang diakibatkan oleh hama burung yang terus menerus memakan bulir padi di sawah, sehingga ini tentu akan merugikan,” ujar Koptu Agus Roni.

Menurut Koptu Agus Roni, upaya tersebut dilakukan untuk mengurangi kerusakan pada batang dan meminimalisir rontoknya bulir padi. Sehingga para petani bisa menikmati hasil berlimpah di musim tanam tahun ini.

Diakui Babinsa Koptu Agus Roni, jika salah satu upaya yang dilakukan untuk mengusir hama padi tersebut, yakni dengan menggunakan peralatan seadanya, yang bisa didapatkan di sekitar. Dan yang perlu diketahui juga biasanya burung pipit penyerang pagi ini aktif pada waktu pagi dan sore hari.

"Kehadiran kami selain untuk membantu petani secara langsung juga untuk memberikan motivasi kepada para petani, sehingga semangat bertani mereka tetap ada dan bisa menghasilkan panen dengan maksimal," pungkasnya. ( Dim/Ren,Fer )