Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-03-2024
  • 216 Kali

Tentukan Skema Antisipasi Pengamanan Melalui Rakor Eksternal Persiapan Operasi Ketupat Semeru 2024

Media Center, Kamis ( 28/03 ) Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2024, Kapolres Sumenep, Madura, Jawa Timur, AKBP Henri Noveri Santoso, S.H., S.I.K., M.M., memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) eksternal, di Gedung Sanika Satyawada Polres Sumenep, Kamis (28/03/2024).

Rakor kali ini dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Semeru 2024 yang segera dilaksanakan untuk pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah/2024, di wilayah hukum Polres Sumenep yang dihadiri oleh PJU Polres Sumenep, Kapolsek, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Senkom, Damkar, KSOP, Kamla, PMI, Tagana dan BMKG. 

Kapolres Sumenep AKBP Henri Noveri Santoso, S.H., S.I.K., M.M., mengatakan, yang menjadi objek pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2024 adalah lokasi Salat Ied (Masjid dan lapangan), terminal, pelabuhan, bandara, tempat perbelanjaan dan tempat hiburan/pariwisata.

"Kita menggelar Rakor eksternal dan tengah membuat skema antisipasi pengamanan pada Operasi Ketupat Semeru 2024 yang akan digelar mulai 03-16 April 2024,” jelas AKBP Henri.

Selain itu lanjut Kapolres Sumenep, untuk Operasi Ketupat Semeru 2024 melibatkan personel sebanyak 330 orang, terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Senkom, Damkar, KSOP, Kamla, PMI, Tagana, Pramuka dan Banser. 

"Untuk pasukan kita siapkan dinamis bisa bertambah sesuai dengan situasi atau pemetaan kerawanan yang nanti akan kita temukan di lapangan," tuturnya.

Kapolres juga menambahkan, pada masa Operasi Ketupat Semeru 2024 akan mendirikan pos yang terdiri dari 2 pos Terpadu (Pos Terpadu Jl. Trunojoyo dan Pos Terpadu Prenduan), 2 Pos Pelayanan (Posyan Terminal Arya Wiraraja, Posyan Pelabuhan Kalianget).

"Pospam 12 Pos (Pospam Wisata Religi Asta Tinggi, Kolam renang TSI, Kolam renang Tectona, Wisata WPS, Bukit Tawaf Pagar Batu, E-Kasoghi, Wisata Mangrove, Pantai Sembilan, Pantai Slopeng, Pantai Lombang, Goa Sukarno dan pospam pertokoan Jl. Diponegoro)," terang AKBP Henri.

Dalam pemetaan kerawanan maupun kepadatan lalulintas, Polres Sumenep juga telah membuat skema dan pola-pola pengaturan. 

"Polres Sumenep juga telah menyiapkan sejumlah langkah progresif dari permasalahan yang kerap terjadi, terutama di daerah yang berdasarkan analisis dan histori rawan terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas)," tutupnya. ( Nita, Fer )