Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-03-2024
  • 209 Kali

PWI Sumenep Gelar Pesantren Jurnalistik dengan Melibatkan 24 Santri dan Mahasiswa

Media Center, Kamis ( 28/03 ) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Pesantren Jurnalistik dengan melibatkan 24 mahasiswa dan santri dari beberapa pondok pesantren, Kamis (28/03/2024).

Puluhan santri dan mahasiswa itu digembleng khusus ilmu jurnalistik.

Ketua PWI Sumenep, M. Syamsul Arifin mengatakan, Pesantren Jurnalistik merupakan rangkaian dari kegiatan 'Ramadan bersama PWI Sumenep'.

Selain Pesantren Jurnalistik, juga ada santunan anak yatim dan kaum dhuafa, bagi-bagi takjil gratis serta buka puasa bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep.

"Untuk kegiatan Pesantren Jurnalistik, sengaja kita bikin terbatas supaya lebih maksimal," kata Samsul saat memberikan sambutan.

Sebab, sambung dia, pihaknya menginginkan kegiatan tersebut tidak sekedar terlaksana, melainkan bisa menghasilkan generasi baru yang melek ilmu jurnalistik.

"Para peserta itu merupakan pilihan dari beberapa santri di pondok pesantren dan mahasiswa dari satu kampus untuk digembleng khusus di kegiatan ini," terang wartawan Harian Bhirawa ini.

Syamsul berharap, para peserta dapat mengikuti secara penuh, menyimak dan menyerap ilmu yang dibagi oleh pemateri yang merupakan para senior jurnalis di Kabupaten Sumenep.

"Intinya, harus banyak ilmu yang didapat peserta dari Pesantren Jurnalistik ini, minimal mengerti perbedaan produk jurnalistik dengan non produk jurnalistik dari informasi yang kita dapat setiap hari," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pesantren Jurnalistik dibagi dalam 5 sesi. Sesi pertama hingga empat peserta ngaji materi Ilmu Jurnalistik Dasar, Teknik Wawancara dan Pengumpulan Data, Fotografi Jurnalistik dan ngaji Videografi Jurnalistik.

Kemudian di sesi terakhir, peserta diajak mempraktikkan langsung ilmu yang diperoleh dari sesi sebelumnya dengan dibagi beberapa kelompok dan didampingi pengurus PWI. ( Nita, Fer )