Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-08-2022
  • 712 Kali

PWI Kabupaten Sumenep Gelar Safari Jurnalistik Perdana di 2022

Media Center, Kamis ( 11/08 ) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar safari jurnalistik perdana di 2022, yang diawali di SMA Negeri 1 Batuan, diikuti sekitar 40-an siswa.

Ketua PWI Kabupaten Sumenep, Syamsul Arifin mengatakan, Safari Jurnalistik ini merupakan program tahunan PWI yang difokuskan pada pengenalan mengenai dunia jurnalistik kepada para pelajar.

"Kita sengaja menggandeng siswa SMA guna mengenalkan dasar-dasar jurnalistik, yang di dalamnya mengenai kode etik dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers," ujarnya, Kamis (11/8/2022).

Ia menuturkan, selama Safari Jurnalistik ini juga diedukasi mengenai produk-produk jurnalistik yang bisa dipertanggung jawabkan di era digital seperti saat ini.

"Di era digitalisasi sekarang ini banyak bertebaran informasi-informasi di media sosial. Dengan kegiatan tersebut nantinya para siswa diharapkan dapat membedakan antara produk jurnalistik dengan produk tulisan di medsos, sehingga lebih bijak ketika menggunakan media sosial," tuturnya.

Menanggapi Safari Jurnalistik ini, Kepala SMA Negeri Batuan, Moh. Sadik, melalui Bagian Kehumasan, Hermin, mengapresiasi PWI Kabupaten Sumenep dan berharap materi yang diberikan bisa menambah wawasan serta pengetahuan para siswa.

"Besar harapan kami para siswa bisa memahami dasar ilmu membuat berita dan membedakan antara berita fakta dan hoaks. Karena materi yang diberikan di Safari Jurnalistik ini tidak ada di kurikulum sekolah," tukasnya.

Terdapat dua pemateri dalam Safari Jurnalistik ini, yakni Ibnu Hajar dan Badrur Rosi. ( Nita, Fer )