Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-04-2024
  • 284 Kali

Lestarikan Permainan Tradisional, Pemkab Sumenep Gelar Layangan LED

Media Center, Senin ( 15/04 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep berupaya mengemas permainan tradisional layang-layang lebih menarik supaya masyarakat segala usia meminati permainan itu.

Salah satunya mengadakan festival layangan, namun layangan ini dilengkapi dengan lampu LED yang menghasilkan efek menakjubkan saat terbang, sehingga permainannya dilaksanakan pada malam hari agar masyarakat bisa menikmati keindahan warna-warni yang terpancar saat layangan terbang di angkasa. 

“Di tengah gempuran modernisasi untuk menjaga kelestarian permainan tradisional melalui festival layangan LED dengan beragam motif dan jenis layangan,” kata Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah di sela-sela pembukaan festival, di Pantai Lombang, Senin (15/04/2024).

Diharapkan, festival layangan LED untuk memperkenalkan kerajinan bambu tujuannya menggaungkan produk kebudayaan lokal bagi generasi muda.

Itu dilakukan karena permainan modern mulai menggempur generasi muda, harus diadakan kegiatan budaya lokal salah satunya permainan layangan ini.

“Kegiatan bernuansa budaya lokal, agar kaum milenial tidak hanya menyukai permainan digital, tetapi tidak mengabaikan permainan tradisional,” terangnya.

Wakil Bupati berharap, peserta festival layang LED semakin banyak untuk kegiatan tahun mendatang, mengingat acaranya bagian dari kegiatan kalender Pemeintah Kabupaten Sumenep.

“Data panitia penyelenggara untuk peserta tahun ini sebanyak 54 layangan dengan berbagai motif dan jenisnya,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )