Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-10-2021
  • 858 Kali

HSN 2021, MH Said Abdullah Resmikan Masjid Abdullah Sechan Baghraf

Media Center, Jumat ( 22/10 ) Momentum Hari Santri Nasional (HSN) 2021, dimanfaatkan MH Said Abdullah untuk meresmikan Masjid Abdullah Sechan Baghraf yang dibangunnya di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat, (22/10/2021).

Masjid yang baru diresmikan MH Said Abdullah kali ini berlokasi di Pondok Pesantren Darut Thayyibah, Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-batang.

Peresmian Masjid Abdullah Sechan Baghraf itu ditandai dengan pengguntingan pita melati oleh istri MH Said Abdullah, Khalidah Ayu Winarti, yang didampingi anak-anaknya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya, Bupati Sumenep, Dandim, dan Kapolres Sumenep. Selain itu juga salah seorang ulama kharismatik, KH. Thaifur Ali Wafa.

Said Abdullah menyebut, masjid kelima yang dibangun dirinya di Kabupaten Sumenep ini didedikasikan untuk mendiang ayah yang telah membesarkan dan mendidiknya, yaitu Abdullah Sechan Baghraf.

Masjid Abdullah Sechan Baghraf dibangun di Pondok Pesantren Darut Thayyibah, karena MH Said Abdullah dulu pernah menjadi ustadz di sana selama 2,5 tahun.

“Saya tahun 1984 pernah jadi ustadz di sini selama 2,5 tahun, dan saya yang memberi nama Darut Thayyibah, saya yang memberi nama Madrasah Lughatul Islamiyah. Jadi kewajiban saya untuk mengembangkan Pondok Pesantren Darut Thayyibah,” urainya.

Sementara saat disinggung soal peresmian masjid tersebut yang bersamaan dengan Hari Santri Nasional, politisi PDI Perjuangan itu menjawab. “Karena itu adalah tonggak perjuangan sejarah yang melekat pada republik ini bahwa, santri adalah terdepan dalam menjaga NKRI,” tegasnya.

Bahkan, Said yang merupakan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, menyatakan, akan berkomitmen mengawal dana abadi pesantren senilai 10 triliun tiap tahun. Dana itu diupayakan berlangsung selama 10 tahun. "Ini komitmen kami di hari santri," tandasnya. ( Nita, Fer )