Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-09-2021
  • 333 Kali

Digitalisasi UMKM, Pemkab Sumenep Gelar Digital Entrepreneurship Academy

Media Center, Jumat ( 17/09 ) Dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh untuk meningkatkan pendapatan usahanya dengan memanfaatkan teknologi, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Aqidah Usymuni.

Koordinator pelatihan dari BPSDMP Kominfo Surabaya, Bagus Winarko mengatakan bahwa pelatihan DEA dilaksanakan secara gratis di 10 kabupaten/kota di Jawa Timur termasuk yang diselenggarakan di Kabupaten Sumenep.

"Pelatihan diselenggarakan di 10 Kabupaten Kota di Jawa Timur, salah satunya di Kabupaten Sumenep yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 16-17 September 2021,” ungkapnya, Kamis (16/09/2021) kemarin.

Pelatihan DEA di Kabupaten Sumenep diikuti oleh 152 peserta yang terbagi menjadi 2 kelas dan menghadirkan narasumber Salies Aprilianto, Direktur PT. Infonika Parasa.

“Pelatihan di Sumenep kami bagi menjadi dua kelas, pertama untuk pemula bagi yang ingin berwirausaha dengan memanfaatkan digital dan kelas kedua ialah untuk UMKM minimal berjalan sudah 1 tahun, dimana lebih pada materi keuangan digital bagaimana mengatur keuangan secara digital," terangnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Sustono menyampaikan, pelatihan DEA merupakan kolaborasi atau kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sumenep dengan BPSDMP Kominfo Surabaya yang tujuannya untuk mendigitalisasi UMKM yang ada di Sumenep dan untuk menambahkan wawasan masyarakat tentang digitalisasi usaha.

"Upaya untuk mendigitalisasi UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep dan untuk menambah wawasan masyarakat tentang pentingnya digitalisasi usaha, karena mau tidak mau, bisa tidak bisa, siap tidak siap mereka harus berdigital," ungkapnya. (Hendra/magangIAINMadura/Fer)