Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-07-2024
  • 263 Kali

Cegah Kekerasan Seksual, Mahasiswa Universitas Wiraraja Gelar Talkshow Edukatif

Media Center, Kamis ( 11/07 ) Sebagai upaya mencegah terjadinya kekerasan seksual, mahasiswa KKN Universitas Wiraraja, Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Pabian, Kecamatan Kota menggelar Talkshow tentang Dampak dan Pencegahan Kekerasan Seksual, di Balai Desa setempat, Kamis (11/07/2024).

Mahasiswa Koordinator Desa Alif Kamajaya mengatakan, bahwa pemilihan topik tersebut didasarkan pada maraknya kasus kekerasan seksual yang baru-baru ini terjadi khususnya di Desa Pabian yaitu kasus penemuan bayi di salah satu rumah warga. 

Alif mengatakan, target audience Talkshow adalah tokoh agama, tokoh masyarakat, dan instansi pemerintah seperti anggota PKK.

Untuk materi Talkshow disampaikan langsung oleh dua pemateri hebat, yaitu Dosen sekaligus Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) dari Universitas Wiraraja, Moh. Zainol Arief Dosen Fakultas Hukum dan Iva Gamar Dian Pratiwi Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan. 

Zainol memaparkan, materi seputar Undang-Undang atau dasar hukum mengenai kekerasan seksual. Sedangkan pemateri Iva lebih fokus menguraikan materi bagaimana cara mencegah kasus kekerasan seksual dan tindakan atau solusi yang harus dilakukan kepada korban kekerasan seksual. 

“Cara mencegah kekerasan seksual adalah dimulai dari keluarga. Sebagai orang tua, kita harus memperhatikan pergaulan anak kita dan memberi edukasi kepada mereka tentang batasan yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain,” terang Iva saat memaparkan materi. ( Wahid/Ismi,Fer )