Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-05-2023
  • 612 Kali

Bupati Sumenep Ach. Fauzi : TPAKD Dukung Pembangunan Ekonomi Daerah

Media Center, Selasa ( 23/05 ) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) mampu mengoptimalkan potensi sumber dana daerah, dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan akses keuangan.

“TPAKD menjadi bagian penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, mendorong keadilan sosial, meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat melalui inklusi dan literasi keuangan,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela pengukuhan dan Forum Group Discussion (FGD) TPAKD Kabupaten Sumenep, di Kantor Bupati, Selasa (23/05/2023).

Karena itulah, keberadaan TPAKD mampu menggali potensi ekonomi daerah yang bisa dikembangkan, dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan kepada masyarakat, seperti nelayan, pelaku UMKM dan pedagang pasar.

“Kami mengharapkan TPAKD mewujudkan ketersediaan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat, dengan mendorong peningkatan peran industri jasa keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah,” tutur Bupati.

Bupati mengungkapkan, TPAKD mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif kepada masyarakat, supaya masyarakat pelaku usaha lebih mudah untuk mendapatkan pendanaan pengembangan usahanya. 

“TPAKD untuk mencari formulasi yang sesuai dengan regulasi supaya masyarakat tidak kesulitan mendapatkan penguatan modal usaha, sehingga mereka terhindar dari rentenir yang berkedok jasa keuangan," ungkapnya. 

Sekedar diketahui Bupati Achmad Fauzi telah mengukuhkan TPAKD Kabupaten Sumenep, di Ruang Rapat Graha Arya Wiraraja lantai II Kantor Bupati, dan pembentukannya merupakan yang pertama di wilayah Madura.

“TPAKD hendaknya meningkatkan kerja sama kelembagaan, sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan sumber dana daerah, dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif bagi pembangunan ekonomi di Kabupaten Sumenep,” pungkas Bupati. ( Yasik, Fer )