Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-04-2024
  • 122 Kali

BPP Bluto Gelar Sosialisasi Penebusan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi 2024

Media Center, Selasa ( 23/04 ) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) bersama para Kios, dan Kelompok Tani se-Kecamatan Bluto menggelar sosialisasi penebusan dan penyaluran pupuk bersubsidi 2024, di Gudang Toko UD Sinar Indah Desa Aengbaja Raja Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Melly Farida mewakili Korluh BPP Kecamatan Bluto Isromi Kurniawan mengatakan, bahwa untuk rencana ke depannya akan ada penambahan kuota pupuk bersubsidi.

“Rencananya ke depan akan ada penambahan pupuk bersubsidi dengan persyaratan-persyaratan yang harus disepakati antara kelompok tani dengan para kios di Kecamatan Bluto ini,” ungkapnya saat memberikan sambutan, Selasa (23/04/2024).

Ketua Paguyuban Kelompok Tani Kecamatan Bluto Supriyadi menyatakan,  teknis penebusan dan penyaluran pupuk bersubsidi di 2024 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Ada dua cara untuk melakukan penebusan pupuk dan jika hal ini sudah terpenuhi maka kios atau distributor pupuk bisa menyalurkan. Cara yang pertama penebusan pupuk menggunakan aplikasi i-Pubers yang diambil melalui elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), di mana pada cara yang pertama ini anggota kelompok tani datang ke kios dengan membawa KTP nantinya para kios akan memprosesnya,” terangnya.

Selanjutnya, untuk cara kedua lanjut Supriyadi,menggunakan surat kuasa bermaterai yang disahkan oleh Kepala Desa kemudian diverval oleh petugas verval dari BPP Kecamatan Bluto.

"Pada surat kuasa ini dibutuhkan data anggota kelompok tani seperti fotocopy KTP dan nantinya ada format-format khusus yang harus diisi," jelasnya.

Perlu diketahui, i-Pubers adalah singkatan dari Integrasi Pupuk Bersubsidi, ini adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk membantu merekap penyaluran pupuk bersubsidi yang berbasiskan data Nomor Induk Kependudukan (NIK). ( KIM-DB/Ismi,Fer )