Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-03-2024
  • 152 Kali

Babinsa Koramil Giligenting Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian

Media Center, Kamis ( 28/03 ) Babinsa Koramil 0827/23 Giligenting Serma Triyanto, memiliki harapan besar untuk menjadikan wilayahnya yang memiliki banyak lahan tidur bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga untuk menjadi lahan pertanian yang subur dan bermanfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Menurut Serma Triyanto, pihaknya mencoba memberi contoh kepada masyarakat dengan menggarap pembukaan lahan tidur seluas 1 hektar di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Kamis (28/03/2024).

“Kami sudah menanam singkong alhamdulillah sukses, saat ini mau menanam jagung, kalau bisa Kecamatan Giligenting ini bisa dijadikan pulau swasembada pangan,” ujarnya.

Serma Triyanto mengungkapkan, pembukaan lahan tidur yang ia garap, karena lahan tersebut tidak difungsikan oleh masyarakat setempat yang rata-rata 60 persen urban ke Jakarta untuk mencari nafkah.

Pihaknya juga mengajak komponen masyarakat yang masih tinggal di Kecamatan Giligenting, dalam hal ini kepala desa dan kelompok tani untuk memberi contoh sekaligus mengedukasi bagaimana bertani jagung yang baik.

“Masyarakat di Desa Bringsang ternyata ada yang tertarik, sangat senang dan rencananya nanti akan mengikuti jejak kami untuk menggarap lahannya dijadikan lahan pertanian," tandasnya.

Serma Triyanto juga ingin memberi tantangan bahwa menanam jagung bisa dilaksanakan kapan saja. Sehingga, bagi masyarakat yang tidak turut merantau keluar Kota seperti kebanyakan yang ada di ibu kota Jakarta bisa menggarap lahan pertanian.

“Harapan kami menanam jagung ke depan bisa dilakukan tiga kali dalam setahun dan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. ( Dim/Ren,Fer )