Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-11-2019
  • 773 Kali

Urai Kemacetan, Lakukan Rekayasa Jalan Jadi Satu Arah

Media Center, Rabu ( 20/11 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep merekayasa sejumlah jalan di Kelurahan Kepanjin Kecamatan Kota menjadi satu arah, sebagai upaya memperlancar arus lalu lintas di kawasan jalan setempat.

“Sejumlah ruas jalan di Kelurahan Kepanjin memang perlu dilakukan rekayasa satu arah, akibat kepadatan kendaraan bermotor dengan ruas jalan di kawasan jalan itu tidak seimbang, sehingga jalan yang semula dua arah harus dijadikan satu arah,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH, saat Peresmian Jalan Satu Arah di Kantor Kelurahan Kepanjin, Rabu (20/11/2019).

Wabup menyatakan, kawasan jalan di Kepanjin yang perlu skema satu arah yakni di Jalan Pendekar dan Jalan Letnan Ramli, yang selama ini sering terjadi kemacetan, karena apabila kendaraan roda empat melewati kedua jalan tersebut sangat padat dan sering macet.

“Skema pemberlakuan satu arah salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi kemacetan di kawasan jalan itu, seperti Jalan Pendekar, kendaraan hanya melintas dari arah selatan menuju ke utara, sedangkan Jalan Letnan Ramli dari arah utara ke arah selatan,” tutur pengusaha muda sukses ini.

Ia mengungkapkan, pemerintah daerah tidak bisa melakukan pelebaran jalan di daerah setempat, sebab ruas jalan di bagian barat dan timur sudah tidak ada lahan karena padatnya pemukiman penduduk.

“Saya harapkan warga Kelurahan Kepanjin harus mematuhi peraturan baru ini sebagai contoh patuh terhadap peraturan berlalu-lintas, sehingga pengguna kendaraan dari daerah luar juga mentaatinya,” tandas Wabup Achmad Fauzi.

Sementara Lurah Kepanjin, Ernawati menambahkan, rekayasa jalan satu jalur ini merupakan usulan dari masyarakat sejak lima tahun lalu yang baru terealisasi pada tahun ini, dengan harapan jalan satu jalur itu tidak menggangu aktivitas warga dari kemacetan.

“Di dua jalan itu selain ada mobil yang parkir di sepanjang jalan, juga semakin padat kendaraan yang melewatinya sebagai salah satu jalur alternatif di kawasan Kota Sumenep,” ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat jika terhitung hari ini (Rabu, 20/11/2019) di dua jalan itu yang semula dua arah menjadi satu arah, bahkan saat ini rambu-rambu lalu lintas sudah terpasang di sejumlah titik jalan.

“Kami sebelum aturan satu arah berlaku telah melakukan uji coba rekayasa jalan sebagai bentuk sosialisasi. Dengan jalan satu arah ini diharapkan kemacetan dapat terurai dan mobil yang parkir di sepanjang jalan itu bisa tertata rapi,” pungkasnya.

Menandai berlakunya jalan satu arah di Jalan Pendekar dan Jalan Letnan Ramli ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Wakil Bupati Achmad Fauzi sekaligus memberikan kepada perwakilan warga. ( Yasik, Fer )