Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-05-2019
  • 459 Kali

Tingkatkan Layanan Mudik, Kemenhub RI Tambah Operasional Kapal Rede

Media Center, Minggu ( 12/05 ) Guna meningkatkan kualitas pelayanan transportasi laut di kepulauan Kabupaten Sumenep, Kementerian Perhubungan RI menyerahkan dua Kapal Rede kepada PT. Pelni untuk dioperasikan ke wilayah kepulauan.

“Kami memberikan tambahan operasional kapal itu untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat saat mudik Lebaran tahun ini, karena menurut keterangan Bupati bahwa masyarakat Sumenep yang berada di luar daerah sekitar 350 ribu orang,” kata Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi di sela-sela Penyerahan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 92 dan Penyerahan Operasional Kapal Rede di Terminal Penumpang PT. Pelindo III Pelabuhan Kalianget,  Minggu (12/05/2019).

Ia menyatakan, pihaknya merencanakan pengoperasian dua kapal Rede Ganda Nusantara 01 dan 02 di jalur Sapeken dan Sapudi yang dikelola oleh PT. Pelni. Untuk itu dalam rangka mengantisipasi banyaknya pemudik Lebaran hendaknya pelabuhan di Kalianget menyediakan tenda guna menampung penumpang yang tidak terangkut kapal.

“Satu tenda di pelabuhan itu bisa menampung 500 orang, sehingga apabila ada penumpang yang tidak terangkut kapal, untuk sementara waktu menunggu di tenda sampai pemberangkatan kapal berikutnya,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, manakala di pelabuhan ada tenda untuk menampung para penumpang jika kapal sudah penuh, tentu saja warga tidak berebutan naik ke kapal sehingga kapal laut tidak kelebihan muatan.

“Pengalaman saya di Samarinda dimana banyak orang ingin pulang kampung yang tidak terangkut kapal mereka menunggu di tenda. Seandainya saja di pelabuhan itu tidak ada tenda yang jelas mereka memaksa untuk naik ke kapal,” tandasnya.

Penyerahan operasional dua Kapal Rede dilakukan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi kepada PT. Pelni di Terminal Penumpang PT. Pelindo III Pelabuhan Kalianget, Minggu (12/05/2019).

Hadir pula pada kesempatan itu Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek untuk menyerahkan secara simbolis buku kesehatan dan Emergency Kit kepada PT. Pelni didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim.

Menteri Perhubungan menambahkan, yang jelas untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi laut di Kabupaten Sumenep, selain menambah operasional dua Kapal Rede, juga diprogramkan ada tambahan Kapal Roro.

“Untuk Kapal Rede itu dikelola PT. Pelni sedangkan tambahan Kapal Roro dikelola oleh ASDP,” pungkasnya.

Setelah melakukan peyerahan kapal secara simbolis, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, Gubernur Jawa Timur dan Bupati Sumenep memeriksa kelaikan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 92 sebelum berangkat dari Pelabuhan Kalianget menuju Kecamatan (Pulau) Masalembu. ( Yasik, Fer )