Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-02-2021
  • 157 Kali

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PT Sumekar Mulai Terapkan Tiket Online

Media Center, Kamis ( 11/02 ) PT Sumekar (Perseroda) terus melakukan inovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, buktinya pembelian tiket kapal penyeberangan dengan armada Kapal Motor (KM) Dharma Bahari Sumekar I dan KM Dharma Bahari Sumekar III berbasis online.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan,
peningkatan pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan dengan berbagai terebosan salah satunya adalah pemesanan tiket kapal, dari sebelumnya menggunakan tiket manual berubah menjadi E-tiket atau elektronik ticket, guna memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan tiket.

“Seiring perkembangan teknologi tentu saja peningkatan layanan melalui digitalisasi mau tidak mau harus dilakukan agar masyarakat merasa aman dan nyaman menggunakan jasa transportasi publik seperti kapal penyeberangan milik PT. Sumekar ini,” jelas Bupati saat Peluncuran E-Ticket PT. Sumekar di KM Dharma Bahari I, di Pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep, Kamis (11/02/2021).

Diharapkan, perbaikan pelayanan tiket berbasis online yang bisa diakses oleh pengguna jasa melalui aplikasi di telepon seluler hendaknya mempermudah pelayanan kepada masyarakat, supaya kebutuhan masyarakat pada transportasi laut terlayani dengan baik.

“Masyarakat dengan penggunaan e-ticket ini bisa memesan tiket secara elektronik atau online, sehingga calon penumpang mudah dalam pemesanan tiket,” imbuh Bupati dua periode ini.

Bupati menyatakan, selain e-tiket mempermudah pelayanan publik juga mencegah adanya permainan harga tiket dan penumpang gelap kapal, sehingga dengan kerterbukaan ini meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Penggunaan e-ticket juga mengetahui jumlah penumpang kapal secara valid dan mengurangi penumpang yang tidak bertiket, sehingga secara keseluruhan jumlah penumpang dapat diketahui secara pasti,” ungkapnya.

PT. Sumekar (Perseroda) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Sumenep yang bergerak di bidang pelayanan transportasi laut, guna mendukung kelancaran mobilitas kegiatan dan mendorong terciptanya pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Di tempat yang sama Direktur Utama PT. Sumekar, Syaiful Bahri menambahkan, pihaknya merencanakan uji coba e-tiket pada hari Selasa (16/02/2021) bersamaan dengan jadwal pemberangkatan kapal milik PT Sumekar, tujuan Kalianget menuju Pulau Kangean (Kecamatan Arjasa) dan Pulau Sapeken (Kecamatan Sapeken).

“Kami rencanakan uji coba e-tiket mulai minggu depan, dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat untuk pemesanan tiket secara online,” tandasnya.

Masyarakat yang ingin memesan tiket secara online bisa menggunakan telepon seluler dengan aplikasi khusus yang bisa diinstal melalui Play Store di androidnya.

"Kami targetkan menyelesaikan apliakasi penuh e-tiket akhir bulan ini, dan saat ini sedang dilakukan uji coba dengan Google oleh Bank Jatim Sumenep,” pungkasnya.

PT. Sumekar (Perseroda) memiliki dua armada Kapal Motor dengan trayek pelayaran Kalianget – Kangean – Sapaken – Banyuwangi Pulang Pergi (PP) dan berdasarkan data penumpang pada tahun 2019 mengangkut 44.375 orang dewasa dan 622 anak-anak, sedangkan pada tahun 2020 mengangkut 38.100 orang dewasa dan 607 penumpang anak-anak. ( Yasik, Fer )