Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 21-11-2020
  • 1895 Kali

Tanamkan Nilai-Nilai Bela Negara Melalui Latihan Dasar PBB

Media Center, Sabtu ( 21/11 ) Guna membentuk sikap, kedisiplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, serta tanggung jawab sejak dini, Babinsa Koramil 0827/04 Bluto, Koptu Adi Muklas memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), di SDN Inpres 1 Bluto, bagi siswa kelas V dan VI, di Lapangan Bluto, Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (21/11/2020).  

Pelatihan PBB kepada siswa-siswi SD ini merupakan wujud pembinaan fisik, guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang, agar memiliki disiplin yang tinggi.

Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mengenalkan kedisiplinan dan menanamkan nilai-nilai bela negara sejak dini kepada siswa-siswi SD Inpres 1 Bluto.  

Menurut Babinsa Koptu Adi Muklas, tujuan pelatihan PBB ini agar para murid dapat mengerti dan memahaminya, sehingga nantinya dapat menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu, PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.

"Adapun maksud pemberian materi Peraturan Baris Berbaris pada siswa-siswi SDN Inpres Talawid adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan disiplin pada siswa, dan menumbuhkan rasa kebersamaan di antara teman," ucapnya.      

Ia juga menjelaskan, sangat penting untuk menanamkan disiplin sejak dini, agar generasi penerus bangsa memiliki pribadi yang bagus dan berakhlak, sehingga dapat membanggakan diri sendiri, orang tua, bangsa dan negara," terang Koptu Adi Muklas. ( Pendim/Miko,Fer )