Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 09-05-2018
  • 327 Kali

Tahun Ini, Perekaman e-KTP Di Sumenep Dipastikan Tuntas

Media Center, Rabu ( 09/05 ) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memastikan perekaman data untuk e-KTP, akan terselesaikan 100 persen pada tahun ini.

"Saat ini petugas terus melakukan penyisiran di semua Desa yang masih belum tuntas melakukan perekaman data untuk kepentingan e-KTP,” kata Kepala Bidang Administrasi Dispendukcapil Kabupaten Sumenep, Miftahul Arifin, Rabu (09/05).

Ia menyampaikan, sebanyak 19.289 warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur dan belum melakukan perekaman data e-KTP, dipastikan tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juli 2018 melalui surat keterangan.

“Kalau misalnya ada yang masih belum melakukan perekaman, nanti akan ada 2 surat keterangan dan itu bisa dimanfaatkan untuk menggunakan hak pilihnya di Pilgub Jatim,” paparnya.

Kendati demikian, tim terus melakukan penyisiran hingga semua wajib KTP sudah melakukan perekaman dan memiliki e-KTP. Sebab, sesuai keinginan pemerintah, semua warga Indonesia tercatat secara administrasi melalui e-KTP tersebut.

“Kami terus berupaya, agar semua warga Sumenep bisa memiliki e-KTP, karena itu sangat dibutuhkan, termasuk dalam Pilkada nanti,” tegasnya.

Sebelumnya, pemilih dalam DPT Pilgub Jatim yang belum ber-KTP elektronik sebanyak 39.463 orang. Yang telah melakukan perekaman data sebanyak 20.174 orang. Sisanya sebanyak 19.289 orang belum melakukan perekaman. Jadi, kalau tetap tidak melakukan perekaman, akan kehilangan hak pilihnya di Pilgub Jatim. ( Nita, Esha )