Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-12-2016
  • 420 Kali

Sebanyak 178 Poktan Dapat Bantuan Motor Roda 3 Melalui DBHCT 2016

News Room, Rabu ( 07/12 ) Sebanyak 178 Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Sumenep mendapat bantuan masing-masing 1 unit motor roda 3 yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2016.

Pemberian bantuan alat penunjang sarana dan prasarana transportasi di bidang pertanian tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, di halaman depan Kantor Bupati Sumenep, Rabu (07/12).

Pada kesempatan tersebut Bupati Sumenep berharap, para petani dapat mempergunakan dan memanfaatkan peralatan tersebut untuk kepentingan kelompok tani dan bukan untuk kepentingan pribadi dari pengurus kelompok tani yang menerima.

“Melalui bantuan barang hibah ini diharapkan meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Sumenep.” ungkapnya.

Karena itu tegas Bupati, dalam pemberian bantuan tersebut pihaknya mewanti-wanti para kelompok tani agar bantuan tersebut tidak sampai dijual. Karena itu, prosedur untuk pemberian bantuan kepada kelompok tani juga sesuai dengan ketentuan dan harus lulus verifikasi administrasi secara ketat sesuai dengan aturan.

Sementara Kepala Dinas Kehutan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sumenep, Drs. Herman Puernomo, M.Si., menjelaskan, program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2016 ini dialokasikan untuk bantuan hibah roda tiga sebanyak 178 unit dan pompa air sebanyak 18 unit kepada kelompok tani yang tersebar         di beberapa Kecamatan di Kabupaten setempat.

“Bantuan hibah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pertanian khususnya bahan baku tembakau melalui DBHCHT untuk membantu petani yang belum mampu membeli peralatan untuk pemasaran, saat panen dan pasca panen.” jelasnya.

Dalam kegiatan pemberian bantuan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Sumenep, Ach. Fauzi, Sekdakab Sumenep, Drs. Hadi Soetarto, M.Si, pimpinan dan anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Sumenep, dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkunngan Pemeirntah Kabupaten setempat. ( Ren, Fer )