Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-12-2019
  • 455 Kali

Ratusan Pembudidaya Ikan Kec. Giligenting Mendapat Program Sehat

Media Center, Jum’at ( 13/12 ) Ratusan pembudidaya ikan di Kecamatan Giligenting mendapat sertifikat tanah melalui program Sertifikasi Hak Tanah (Sehat), dari Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional.

“Program Sehat adalah bentuk upaya konkrit Pemerintah dalam mendorong pemberdayaan masyarakat pembudidaya ikan, dalam menumbuhkembangkan usahanya terutama mengakses permodalan dari berbagai lembaga pembiayaan,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH pada? Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Budidaya tahun 2019, di Hotel C1, Jum’at (13/12/2019).

Dia menyatakan, pembudidaya ikan khususnya skala kecil untuk mengembangkan usahanya sangat kesulitan modal, karena tidak bisa meminjam uang kepada perbankan akibat persyaratan kredit yang mewajibkan adanya jaminan/agunan.

“Selama ini, pembudidaya ikan yang belum memiliki sertifikat kepemilikan tanah tidak memiliki jaminan atau agunan, sehingga tidak bisa mendapat tambahan modal usaha dari lembaga pembiayaan (perbankan),” imbuh Politisi PDI Perjuangan ini.

Wabup berharap, dengan sertifikasi kepemilikan tanah bisa meningkatkan perekonomian nelayan di wilayah Kabupaten Sumenep, mengingat mereka bisa meminjam modal usaha ke lembaga perbankan dengan menjaminkan sertifikat tanah miliknya.

“Kepemilikan tanah dengan sertifikat ini harus berbanding lurus dengan produktivitas nelayan, baik hasil tangkapan maupun budidayanya, karena Kabupaten Sumenep memiliki potensi perikanan luar biasa yang perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” papar Wabup Achmad Fauzi.

Wakil Bupati Achmad Fauzi di acara itu menyerahkan secara simbolis sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat pembudidaya ikan di Kecamatan Giligenting.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sumenep, Ir. Arif Rusdi, M.Si menambahkan, penerima Program Sehat tahun 2019 adalah masyarakat pembudidaya ikan yang tersebar di tiga desa di Kecamatan Giligenting sebanyak 200 orang.

“Sebanyak 200 penerima merupakan warga Kecamatan Giligenting dari Desa Banmaleng, Banbaru dan Desa Lombang. Mudah-mudahan program sehat bermanfaat bagi para pembudidaya ikan,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )