Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-01-2021
  • 158 Kali

Pusdiklatcab Sumenep Manfaatkan Aplikasi Telegram Buat Materi Pramuka

Media Center, Senin ( 25/01 ) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Arya Wiraraja Gerakan Pramuka Sumenep memanfaatkan aplikasi Telegram "bot" untuk memudahkan para pembina dan anggota Pramuka mendapatkan materi Pramuka.

Ketua Pusdiklatcab Aryawiraraja Sumenep, H. Hasanudin, S.Pd, mengungkapkan, aplikasi yang di dalamnya berisi materi seputar kepramukaan tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pembina maupun anggota Pramuka khususnya di Sumenep.

"Kalau selama ini materi Pramuka hanya ada di buku Saku Pramuka, namun dengan menggunakan fasilitas aplikasi ini kita bisa membukanya di HP dengan mudah dan bisa dipertanggungjawabkan," ungkap Kak Hasan panggilan akrab Pelatih Pembina Pramuka di Kabupaten Sumenep ini, Senin (25/01/2021).

Menurutnya, selama ini pihaknya mengaku sering melihat peserta didik membawa buku catatan dalam latihan kepramukaan, karena di masa mellenial ini pihaknya yakin jika anak kecilpun bisa menggunakan HP, karena itu Pusdiklatcab berinisiatif membuat sebuah program materi Pramuka yang dikembangkan dengan menggunakan fasilitas aplikasi Telegram.

"Namun ini bukan satu-satunya materi Pramuka, tetapi sekedar referensi untuk pengayaan bisa mencari materi kepramukaan di berbagai sumber," tambahnya.

Sementara Admin Sekaligus Anggota Pusdiklatcab Aryawiraraja Sumenep, Heri Eka Susanto, S.Pd menjelaskan, Pusdiklatcab membuat dua aplikasi yang memiliki kegunaan yang sama, yaitu sama-sama berisi tentang materi Pramuka. Dengan aplikasi tersebut diharapkan bisa membantu para pembina Pramuka dan peserta didik (anggota muda).

"Karena dengan aplikasi "Materi_Pramuka_Bot" ini bisa mengetahui materi seputar Pramuka," tandasnya.

Sedangkan di aplikasi "Si_Bhayangkara_Bot" dikhususkan untuk Satuan Karya Bhayangkara, dan berisi penjelasan apa, dan bagaimana Saka Bhayangkara serta penjelasan tentang Krida masing-masing. Diharapkan pula para pembina Pramuka dan anak didiknya tidak lagi kebingungan dalam menguasai materi tersebut.

"Jadi, setiap anggota atau pembina Pramuka yang ingin tahu isi dari materinya harus menginstal terlebih dahulu aplikasi Telegram melalui Play Store, setelah terinstal silahkan saja lihat atau klik link," tandasnya. ( Ren, Fer )