Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-03-2021
  • 155 Kali

Program TMMD Diharapkan Berdampak Kepada Akselerasi Pembangunan

Media Center, Selasa ( 02/03 ) Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Sumenep, diharapkan memberikan dampak terhadap akselerasi pembangunan di daerah.

“Program TMMD baik fisik maupun non fisik yang dilaksanakan merupakan kebutuhan nyata, supaya masyarakat bisa memanfaatkan kegiatannya,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH di sela-sela pembukaan TMMD ke-110 tahun 2021, di Kantor Bupati, Selasa (02/03/2021).

Manakala program TMMD ini sesuai kebutuhan masyarakat tentu memberikan efek positif terhadap akselerasi pembangunan daerah, karena kegiatannya mampu menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang hasilnya bisa tepat sasaran.

“Yang jelas, bagaimana hadirnya TMMD itu berdampak luas dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan rakyat,” papar mantan Wakil Bupati Sumenep periode 2015-2020 ini.

Selain itu menurut Bupati, keberadaan TNI di tengah masyarakat selama pelaksanaan TMMD bisa memupuk dan menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong-royong di tengah masyarakat.

“Sasaran non fisik berupa penyuluhan, pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat, hendaknya mempunyai dampak jangka panjang, karena sasaran yang dibangun adalah karakter masyarakat,” imbuh Ketua DPC PDI Perjuangan ini.

Di tempat yang sama Komandan Korem 084/Brawijaya, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo mengungkapkan, pelaksanaan TMMD untuk membantu pemerintah daerah di segala bidang baik pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk itulah, setiap kegiatan TMMD tidak hanya dilakukan oleh TNI saja, tetapi juga melibatkan masyarakat secara langsung, harapannya membangun karakter kebersamaan masyarakat,” imbuhnya.

“Kegiatan TMMD baik fisik dan non fisik seperti penyuluhan, pembinaan dan pemberdayaan pasti melibatkan masyarakat. Jadi sejatinya pelaksanaan TMMD ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” imbuhnya.

Pada acara itu, Bupati menyerahkan alat kerja kepada penerima dan juga dilakukan penandatanganan sekaligus penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-110 tahun 2021 oleh Komandan Kodim 0827/Sumenep dengan Kabag pembangunan Pemkab Sumenep.

Sementara Komandan Distrik Militer (Dandim) 0827/Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis, A.Md menambahkan, lokasi TMMD ke-110 tahun 2021 di Kabupaten Sumenep, yakni Desa Dasuk Laok Kecamatan Dasuk. Dengan sasaran fisik prioritasnya adalah pembangunan infrastruktur berupa rehab masjid dan mushalla, pembangunan kamar mandi, wudu dan kakus, pengaspalan jalan serta tandon air.

“Pelaksanaan TMMD selama 30 hari terhitung tangggal 2 hingga 30 Maret 2021, dengan melibatkan satgas sebanyak 150 orang terdiri dari Batalion Arhanut, 516, Jifur, Lanal Batuporon dan Makodim,” tandasnya.

TMMD di tengah wabah Covid-19, seluruh satgas dilakukan pemeriksaan kesehatan termasuk rapid untuk memastikan angota satgas TMMD tidak ada yang terkonfirmasi negatif atau reaktif Covid-19.

“Alhamdulillah sebanyak 150 orang satgas telah dirapid yang hasilnya semuanya non reaktif, sehingga mereka hari ini (Selasa, 02/03/2021) bisa turun ke lokasi TMMD di Desa Dasuk Laok,” pungkas Dandim 0827/Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis, A.Md. ( Yasik, Fer )