Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 21-01-2019
  • 593 Kali

Prakiraan Cuaca Besok; Waspada Gelombang Cukup Ekstrem

Media Center, Senin ( 21/01 ) Tendensi peningkatan ketinggian gelombang yang cukup ekstrem diperkirakan akan terjadi Selasa, 22 Januari 2018, besok. Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Utsman Kholid pada Media Center, Senin (21/01/2019).

”Ketinggian Gelombang maksimum dapat mencapai lebih dari 3.5 meter hampir di seluruh wilayah perairan Jawa Timur, kecuali selat Madura,” jelasnya.

Untuk tinggi gelombang besok, berdasar grafik, di Selat Madura antara 0.5 - 2.0 meter. “Waspada ketinggian gelombang mencapai 5.0 meter di Laut Jawa bagian Timur, Masalembu, Perairan Bawean, Perairan Utara Jatim, Perairan Kangean, dan mencapai 3.5 meter di Perairan Selatan Jatim, dan Samudera Hindia Selatan Jatim,” pesan Utsman.

Sementara prakiraan cuaca secara umum pada hari Selasa, 22 Januari 2019, besok mulai pukul 07.00 WIB hingga 24 jam setelahnya, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di Perairan Kangean dan Samudera Hindia selatan Jatim.

“Sedang hujan dengan intensitas sedang-lebat berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian timur, Perairan Masalembu, Perairan Bawean, Perairan utara Jatim serta Perairan Gresik,” imbuh Utsman.

Arah angin disebut Utsman pada umumnya dari Barat Daya - Barat Laut. Mengenai kecepatan angin maksimum di Laut Jawa 32 knot (59 kilometer/jam), dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 28 knots (52 kilometer/jam). ( M. Farhan M, Fer )