Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-09-2020
  • 1742 Kali

Potensi Bawang Merah Di Tiga Desa Segitiga Emas Kecamatan Rubaru

Media Center, Kamis ( 24/09 ) Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep memiliki potensi sebagai wilayah agropolitan. Bahkan, ada tiga desa yang memiliki potensi besar di bidang agropolitan khususnya tanaman bawang merah, hingga ada tiga desa yang disebut segitiga emas yakni Desa Basoka, Mandala dan Desa Karang Nangka.

Camat Rubaru, Arif Susanto, AP, M.Si mengungkapkan, potensi agropolitan bawang merah dari tiga desa yang disebut segitiga emas tersebut sangat layak dikembangkan, agar hasil produksi selain memiliki hasil panen lebih bagus juga memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tentunya dengan mengembangkan potensi yang ada seperti tanaman bawang merah ini,” ungkap Arif Susanto, di sela-sela kunjungan tim penilai Taman Posyandu tingkat Kabupaten Sumenep 2020 di Balai Desa Mandala, Kamis (24/09/2020).

Menurut Camat Rubaru ini, untuk mengembangkan potensi yang ada juga diperlukan pengembangan produk, seperti halnya dengan memberikan kemasan bagus agar nantinya juga memiliki nilai jual tinggi. Sebab, diakui selama ini kekurangan produksi dari sisi kemasan yang perlu terus dikembangkan.

Di samping itu menurut Arif nantinya melalui dinas terkait, Kecamatan Rubaru khususnya di tiga desa segitiga emas itu akan mendapat anggaran Rp37 miliar untuk pengembangan agropolitan bawang merah. Bahkan, juga mencoba menanam bawang merah asal Thailand yang hasilnya lebih besar dan bawang Bombai yang selama ini banyak dibudidaya petani.

“Kami berharap potensi yang dimiliki ini dapat terus dikembangkan untuk lebih memakmurkan masyarakat, apalagi selama ini terkait dengan penjualan produksi pertanian disini tidak bingung, karena para pembeli datang sendiri kesini,” tambahnya. ( Ren, Fer )