Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-12-2020
  • 500 Kali

PLN Pasang Ribuan Listrik Gratis Untuk Warga Kurang Mampu

Media Center, Selasa ( 08/12 ) PT. PLN Unit Induk Jawa Timur melakukan pemasangan listrik gratis terhadap ribuan warga kurang mampu di Kabupaten Sumenep pada tahun 2020 ini.

“Bantuan itu adalah ikhtiar Pemerintah Daerah dan PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur untuk meningkatkan rasio elektrifikasi (penyambungan penyalaan listrik) di Kabupaten Sumenep,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si pada Peresmian Penyaluran Listrik Gratis, di Desa Marengan Daya, Selasa (08/12/2020).

Program pemasangan listrik gratis dalam rangka membantu masyarakat yang belum mendapatkan aliran listrik di rumahnya terutama masyarakat kurang mampu, dengan harapan mereka juga bisa menikmati aliran atau terangnya listrik.

“Mudah-mudahan dengan program ini memberikan manfaat kepada penerima bantuan dalam rangka mengurangi beban kebutuhan hidup masyarakat sekaligus meningkatkan kualitas perekonomiannya, khususnya di wabah virus Corona atau Covid-19,” tutur Sekda.

Sekda mengatakan, Kabupaten Sumenep menjadi daerah dengan rasio elektrifikasi terendah di antara tiga kabupaten lain di Madura, karena hanya sekitar 60 persen, sementara tiga kabupaten lainnya sudah mencapai 80 persen.

“Rendahnya persentase rasio elektrifikasi di Kabupaten Sumenep penyebabnya banyaknya daerah di kepulauan yang belum ada listrik,” pangkasnya.

Sekda mengungkapkan, program peningkatan kelistrikan di Kabupaten Sumenep khususnya kepulauan selama tiga tahun terus meningkat, pada tahun 2017 pemerintah daerah menggandeng PT. PLN distribusi Jawa Timur berhasil meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Pulau Gili Iyang Kecamatan Dungkek berkapasitas 1,5 megawatt yang bisa menerangi sekitar 600 kepala keluarga.

Pada tanggal 30 November 2019, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, PT. PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur juga telah meresmikan pembangkit listrik untuk sembilan pulau, meliputi pembangkit listrik tenaga diesel di Pulau Raas dengan kapasitas 800 kilowatt (kW), dan pembangkit listrik tenaga surya di Pulau Tonduk berkapasitas 200 kilo watt peak (kWp), Pulau Goa-Goa berkapasitas 200 kWp dan Pulau Masakambing Kecamatan Masalembu berkapasitas 50 kWp.

“Sedangkan untuk Kecamatan Sapeken sudah diresmikan di antaranya Pulau Pagerungan Kecil berkapasitas 50 kWp, Pulau Paliat berkapasitas 100 kWp, Pulau Sakala berkapasitas 100 kWp, Pulau Sabuntan berkapasitas 100 kWp, serta Pulau Saobi berkapasitas 150 kWp,” imbuhnya.

Sekda Edy Rasiyadi didampingi General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Nyoman S. Astawa menandai peresmian penyaluran listrik gratis dengan menghidupkan listrik di rumah warga penerima program.

Di tempat yang sama, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Nyoman S. Astawa menambahkan, pemasangan listrik gratis di Kabupaten Sumenep sebanyak 1.200 pelanggan untuk masyarakat kurang mampu.

“Kami memasang listrik gratis kepada masyarakat jika Kartu Keluarga (KK) atau NPK-nya terdaftar di basis terpadu di Kementerian sosial, jadi setiap ada permohonan sambungan baru kita cek datanya apakah terdaftar di basis terpadu itu atau tidak,” pungaksnya. ( Yasik, Fer  )