Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-11-2018
  • 687 Kali

Penderita HIV Di Sumenep Bertambah Menjadi 93 Orang

Media Center, Rabu ( 14/11 ) Penderita HIV/AIDS di wilayah Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga November 2018 ini bertambah dari 69 menjadi 93 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Kusmawati mengatakan, sebagian besar penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sumenep adalah perempuan yang notabenenya seorang ibu rumah tangga.

"Penderita itu berasal dari daerah yang memiliki mobilitas tinggi, misalkan daerah yang masyarakatnya banyak bekerja ke luar negeri," katanya, Rabu (14/11).

Meskipun demikian mayoritas diderita perempuan, Kusmawati mengklaim, seringkali penyakit itu berasal dari ketidaksetiaan seorang suami yang seringkali gonta-ganti pasangan. Dan itu dibuktikan dengan mayoritas penderita HIV/AIDS yang berasal dari daerah yang memiliki mobilitas tinggi.

"Selain itu biasanya di kepulauan juga ada, karena mobilitas masyarakat di sana tinggi, ada yang kerja di Bali dan lain semacamnya," paparnya.

Saat ini, Dinkes Kabupaten Sumenep sudah melayani pengobatan bagi penderita HIV/AIDS setidaknya di beberapa Puskesmas, diantaranya Puskesmas Saronggi dan Puskesmas Pasongsongan.

"Sebenarnya kunci agar terhindar dari HIV itu caranya sederhana, cukup setia pada satu pasangan," tukas Kusmawati. ( Nita, Fer )