Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-04-2015
  • 344 Kali

Normalisasi Kali Marengan Untuk Atasi Banjir

News Room, Senin ( 27/04 ) Hujan dan banjir memang fenomena alam yang tidak bisa dihindari. Namun, banjir masih bisa diminimalisir. Tahun 2015 ini, Dinas PU Pengairan Kabupaten Sumenep mengupayakan terobosan dalam hal pengendalian banjir.

“Sejak tahun kemarin kita berupaya mencari terobosan dengan menggelontorkan APBN untuk normalisasi sungai dengan cara memperbesar tampungan air hujan yang masuk ke sejumlah sungai,”kata Kepala Dinas PU Pengairan, Ir. Eri Susanto, pada News Room.

Untuk tahun ini, menurut Eric, sapaan akrabnya, ada proyek normalisasi kali Marengan dari hilir yang dimulai dari Desa Kertasada ke Desa Marengan. “Itu lewat APBN. Dananya sebesar Rp. 29,5 milyar. Tak hanya itu, kali Saroka juga mendapat proyek normalisasi tersebut, dengan besaran dana yang sama,”tambahnya.

Eric juga mengatakan, pengendalian banjir dan juga abrasi pantai merupakan salah satu dari 3 program unggulan yang menjadi fokus dinasnya. “Dua program unggulan lainnya ialah ketersediaan air baku dan ketersediaan jaringan irigasi,”pungkasnya. ( Farhan, Esha )