Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-02-2021
  • 510 Kali

Kurangi Polusi, Babinsa 0827/07 Bersama Bhabinkamtibmas Lakukan Penanaman Pohon

Media Center, Kamis ( 04/02 ) Sudah menjadi kewajiban bagi setiap Babinsa untuk selalu dekat dan bergaul dengan rakyat, tanpa memandang ras, suku, agama, status maupun profesi dengan tujuan untuk mempermudah dalam melaksanakan tugas teritorial di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0827/07 Guluk-guluk, Serka Erwis dan Bhabinkamtibmas beserta masyarakat melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan cara menanam pohon jati dan pohon mahoni, di Dusun Gunung Desa Bragung Kecamatan Guluk-guluk Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (04/02/2021).

"Saya langsung terjun ke lokasi melihat masyarakat melaksanakan penanaman pohon jati dan pohon lainnya," ungkap Serka Erwis.

Komsos merupakan tugas dan tanggung jawab Babinsa dalam rangka menjaga tali silaturahmi, sehingga Babinsa mendapatkan informasi, saling mengenal dan saling berbagi bersama masyarakat binaannya khususnya para pemuda yang merawat pohon jati.

"Apabila ada suatu masalah atau kendala di wilayah dapat lebih mudah untuk mengadakan komunikasi dan koordinasi, dengan demikian segala sesuatunya akan lebih cepat diatasi atau ditangani," ujar Babinsa.

Penanaman pohon jati ini, dalam rangka pelaksanaan program pembinaan lingkungan hidup yang bertemakan "Melestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Bangsa".

Pada kesempatan tersebut, Komandan Koramil 0827/07 Guluk-guluk, Kapten Inf Heri Suharminto menyatakan, penanaman pohon jati yang dilaksanakan sebagai penyerap polutan, pencegah erupsi air laut, penelitian, pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam dan tempat pemijahan breeding ground.

"Setelah dilakukan penanaman ini, agar dapat tetap bersama menjaga keutuhan dan kelestarian hutan jati baik seluruh komponen masyarakat mapun aparat terkait," tegasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa, fungsi hutan jati dan mahoni secara umum sebagai paru-paru dunia, tempat penyimpanan air dan untuk mengurangi pencemaran udara. ( Pendim/Miko,Fer )