Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 27-01-2021
  • 376 Kali

Kopwan Anugerah Karangduak Gelar RAT Tutup Buku 2020

Media Center, Rabu ( 27/01 ) Koperasi Wanita (Kopwan) Anugerah Kelurahan Karangduak Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku (TB) 2020.

RAT Anugerah tersebut selain dihadiri jajaran dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, juga dihadiri Forum Kopwan Kabupaten setempat dan Lurah Karangduak.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Drs. H. Sustono, MM, M.Si, diwakili Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan SDM, Drs. R.B. Moehammad Asy'ari, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada Kopwan Anugerah, karena telah melaksanakan RAT Tutup Buku (TB) 2020 dengan tepat waktu.

"Sebab, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, Kopwan Anugerah telah melaksanakan ketentuan hukum/regulasi terkait perkoperasian," ungkapnya, Rabu (27/01/2021).

Karena itu pihaknya berharap, Kopwan Anugerah bisa melaksanakan peraturan perundang-undangan, Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Permenkop) dan Peraturan Pemerintah (PP) terkait perkoperasian lainnya, seperti kerja sama dengan pihak ketiga untuk penguatan/penyertaan modal dari anggota/pihak lain yang akan membantu Kopwan Anugerah.

Hanya saja menurut Moehammad As'ari, sebelumnya harus mendapatkan persetujuan anggota, hal ini juga terkait dengan berapa bagi hasil untuk Kopwan Anugerah dan penyerta modal harus jelas dalam pembagiannya.

"Kami sebagai pembina Koperasi di Kabupaten Sumenep senantiasa melakukan monitoring, pembinaan dan pengawasan serta pendampingan terhadap Koperasi yang ada," tambahnya.

Sementara Ketua Kopwan Anugerah, Hj. Zainatus Zuhra, mengungkapkan, pihaknya bersama pengurus Kopwan Anugerah lainnya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan usaha Koperasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada, serta menampung berbagai masukan baik dari pembina maupun dari anggota Koperasi itu sendiri.

"Sebab, kami sadari perkembangan Koperasi yang ada tentu erat kaitannya dengan kepedulian seluruh anggota Koperasi itu sendiri. Karena ketika Koperasi ini berkembang akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan anggotanya," tandasnya.

Ditambahkan, Kopwan Anugerah saat ini menjadi salah satu Kopwan terbaik di Kabupaten Sumenep, sehingga dalam pengelolaannya akan terus dikembangkan lebih baik lagi. Apalagi kesadaran anggotanya sangat tinggi, terbukti simpanan sukarelanya besar hingga mencapai sekitar Rp161 juta lebih. Hal ini diakui sebagai bentuk rasa memiliki yang tinggi dari seluruh anggota Kopwan Anugerah. ( Ren, Fer )