fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Jebolnya Sungai Di Desa Sendir Sudah Dilakukan Perbaikan

  • 2016-10-12
  • infokom
  • 1051 Kali

News Room, Kamis ( 13/10 ) Kejadian jebolnya Sungai di Desa Sendir Kecamatan Lenteng, karena debit hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari lalu, membuat leading sektor terkait terus berupaya untuk melakukan perbaikan agar air sungai tersebut tidak lagi menggenangi sawah-sawah di sekitarnya.

Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Sumenep, Ir. Heri Susanto, M.Si kepada wartawan, Kamis (13/10) mengungkapkan, meskipun kewenangan Sungai di Desa Sendir merupakan bagian UPT Balai Besar Sungai Madura di Kabupaten Pamekasan, namun pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep juga turut bekerjasama dalam menangani jebolnya sungai yang mengairi sekitar seribu hektar tersebut.

“Karena jebolnya air sungai di Desa Sendir yang merupakan saluran pembuangan daerah irigasi Jepun, maka kami bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Sumenep dan UPT Balai Sungai Madura untuk menanggulangi persoalan tersebut.”ungkapnya.

Dikatakan, penanganan dan perbaikan sungai Jepun secara teknis memang dilakukan Dinas PU Pengairan Kabupaten Sumenep sedangkan biayanya dari dana tanggap darurat penanggulangan bencana BPBD. Dan saat ini tegas Erik panggilan akrabnya, dibantu masyarakat sudah mulai dikerjakan.

Menurut Erik, Tim Teknis bersama BPBD setelah kejadian langsung ke lapangan dan sudah dibuat desain serta langsung dikerjakan seperti membuat bronjong karung bantuan dari UPT Balai Besar Sungai Madura yang dibantu masyarakat setempat.

“Semoga kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari, dan kami juga memiliki rencana kedepan untuk melakukan pengerukan dengan normalisasi sungai tersebut agar air tidak sampai meluap.”pungkasnya. ( Ren, Fer )

image

Pemkab Sumenep Anggarkan Rp 2 Miliar Untuk Normalisasi Kali Patrean

Kategori : Pengairan

Media Center, Jumat ( 27/07 ) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menganggarkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk

image

Pembangunan Irigasi Perlu Ditunjang Dana APBD Dan APBN

Kategori : Pengairan

News Room, Jumat ( 21/10 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep terus berupaya melakukan pembangunan irigasi baru di sejumlah wilayah, untuk memenuhi

image

Dana Perbaikan Irigasi Dan Pengendalian Banjir Capai Rp. 40 M

Kategori : Pengairan

News Room, Kamis ( 24/03 ) Pada tahun 2016, dana perbaikan irigasi, pengendalian banjir termasuk pembangunan tangkis laut, yang ada