Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-08-2019
  • 153 Kali

Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Cek Kondisi Hewan Kurban

Media Center, Rabu ( 07/08 ) Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengecek kondisi semua hewan kurban yang dititip di tempat penampungan di wilayah Kecamatan Kota.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan semua hewan yang akan dijadikan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat.

"Dari hasil pengecekan kami, sejauh ini belum atau tidak ditemukan adanya hewan kurban bermasalah, seperti berpenyakit atau tidak memenuhi syarat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Bambang Heriyanto, Rabu (07/08/2019).

Selain itu, pengecekan dilakukan juga untuk memastikan tidak ada calon hewan kurban yang cacat.

"Kami juga ingin memastikan tempat penampungan hewan-hewan kurban teduh dan kebutuhan hewannya terpenuhi,” ujarnya.

Ia memaparkan, di wilayah Kecamatan Kota Sumenep ada sekitar 20 titik penampungan dengan jumlah hewan kurban bervariasi.

Untuk itu, diimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang ingin berkurban agar memilih kambing atau sapi jantan, bukan betina. Intinya harus mengutamakan hewan kurban laki-laki.

"Salah satu persyaratan teknis yang harus dipenuhi untuk kambing minimal telah berusia 1 tahun. Sedangkan sapi minimal 2 tahun," paparnya. ( Nita, Fer )