Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 01-12-2020
  • 374 Kali

Desa Aengbaja Kenek Lakukan Pembentukan Dan Pembinaan Destana

Media Center, Selasa ( 01/12 ) Desa Aengbaja Kenek mulai tanggap atas Program Desa Tangguh Bencana (Destana) dengan melakukan pembentukan dan pembinaan agar lebih waspada bencana di Balai Desa setempat.

Sebagai Pemateri Pembinaan, Ab. Hadi mengatakan, Desa Aengbaja Kenek merupakan salah satu desa yang mendapatkan program Destana dari Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), dengan kegiatan operasional Destana nantinya akan dialokasikan dari Dana Desa (DD).

“Desa dikatakan memiliki ketangguhan terhadap bencana di saat desa tersebut memiliki kemampuan untuk mengetahui ancaman di daerahnya masing-masing, serta mampu mengorganisir sumber daya manusia guna meminimalisir kerentanan dan meningkatkan kualitas kemampuan untuk mengurangi risiko bencana,” jelasnya, Selasa (01/12/2020).

Kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Desatana) tersebut dilaksanakan sejak tanggal 30 November sampai 02 Desember 2020.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 20 peserta, terdiri dari Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kader Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu), Bidan Desa, Perawat Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Karang Taruna, dan anggota Kim Darma Bhakti.

Selain itu dalam pembentukan dan pembinaan Destana tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 seperti wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi para peserta. ( KIM-DB/Ismi,Fer )