Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-02-2018
  • 453 Kali

Camat Rubaru Apresiasi Budidaya Lebah Madu Milik Nurdin

Media Center, Selasa ( 20/02 ) Camat Rubaru, Arif Susanto menepati janjinya untuk menyaksikan panen lebah madu milik Mohammad Nurdin, warga Dusun Banasare Barat, RT/RW 06/01 Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, pada Selasa (20/02).

“Saya sangat mengapresiasi budidaya yang dilakukan warga disini, sehingga ke depan usaha lebah madu ini bisa lebih maju lagi,” ungkapnya disela-sela kunjungannya di lokasi penangkaran lebah madu milik Nurdin.

Camat Rubaru ini banyak berdialog dengan Nurdin dan ayahnya, terkait pengembangan lebah madu, agar bisa lebih maju dan bisa juga meningkatkan penghasilan masyarakat di sekitarnya. Karena, ternyata dalam budidaya lebah madu ini tidak lepas dengan sari bunga sebagai makanan yang dibutuhkan lebah.

Karena itu, ke depan pihaknya merencanakan mengembangkan wisata taman bunga yang bisa di integrasikan dengan wisata madu. Untuk mewujudkan itu, tentunya perlu ada rencana lebih lanjut dengan mempertemukan dari pihak Desa dan pembudidaya madu, seperti apa teknisnya.

“Sebab, usaha ini sangat menjanjikan, bisa dibayangkan jika per-botol dengan harga Rp.150.000 dan sekali panen (1,5 bulan) menghasilkan 800 botol. Jadi dalam setahun bisa meraih penghasilan puluhan juta,” jelasnya.

Sementara Mohammad Nurdin, mengaku senang lokasi usahanya dikunjungi Camat Rubaru, sehingga dapat memberikan semangat bagi dirinya untuk lebih giat lagi dalam membudidaya lebah madu. Bahkan, dirinya mengaku siap apabila ada keinginan untuk mengembangkan budidaya lebah madu.

“Kami juga mempersilahkan, apabila disini akan ditempati untuk pelatihan budidaya lebah madu, sehingga bisa mengembangkan pada yang lain,” tandasnya. ( Ren, Esha )