Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-12-2020
  • 338 Kali

Bupati Minta Komite Sekolah Berdayakan Diri Tingkatkan Pendidikan

Media Center, Rabu ( 02/11 ) Lomba Komite Sekolah se-Kabupaten Sumenep tahun 2020 menjadi motivasi pengurus organisasi, untuk memperkuat peran serta fungsinya di masing-masing sekolah, guna meningkatkan mutu pendidikan.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, komite sekolah terus memaksimalkan peran dan fungsinya, dalam rangka membangun pendidikan, sehingga bisa membantu upaya pemerintah daerah meningkatkan kualitas pendidikan.

“Komite sekolah jangan sampai hanya dijadikan stempel atau tanda tangannya saja, karena tidak berperan serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep,” harap Bupati pada Anugerah Komite Sekolah/Madrasah tahun 2020 di Gedung Ki Hajar Dewantara, Rabu (02/12/2020).

Untuk itulah, komite sekolah harus memperdayakan diri melalui peran dan fungsinya sebagai bentuk partisipasi masyarakat, dalam turut serta meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga berperan aktif dalam mengawasi, memberikan ide dan gagasan yang baik dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

“Komite sekolah harus mampu mendorong keterlibatan orang tua dan masyarakat untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Sumenep dan menumbuhkan empati pada dunia pendidkan,” jelas Bupati dua periode ini.

Bupati mengungkapkan, pihak terkait melakukan edukasi kepada komite sekolah agar benar-benar maksimal menjalankan peran dan fungisnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

“Jadi, sangat penting untuk melakukan edukasi kepada komite sekolah agar lebih berperan serta dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, supaya seluruh komite sekolah maksimal melaksanakan tugasnya,” tandas mantan Ketua DPRD Kabupaten Sumenep dua periode ini.

Lomba Komite Sekolah se-Kabupaten Sumenep tahun 2020 digelar oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep untuk lembaga pendidikan setingkat SD dan SMP sederajat khusus wilayah kepulauan.

Di tempat yang sama Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep (DPKS), Syaiful A'la menambahkan, pihaknya berupaya meningkatkan peran serta komite sekolah di masing-masing sekolah, agar terbangun sinergi antara komite dan kepala sekolah dalam membangun sekolah.

“Kami inginkan komite sekolah bisa berperan aktif bersama kepala sekolah membangun mutu pendidikan di sekolah,” pungkasnya.

Sementara Anugerah Komite Sekolah atau Madrasah tingkat SD/MI tahun 2020 khusus wilayah kepulauan, yakni Juara I SDN Jambuir 1 Kecamatan Gayam, Juara II SDN Pancor 2 Kecamatan Gayam dan Juara III SDN Sambakati 1 Kecamatan Arjasa. Sedangkan Anugerah Komite Sekolah atau Madrasah tingkat SMP/MTs yaitu Juara I SMPN 1 Gayam, Juara II SMPN 1 Arjasa dan Juara III SMPN 1 Raas. ( Yasik, Fer )