Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-09-2019
  • 470 Kali

Bupati Harapkan Masyarakat Dukung Penerbangan Ke Kepulauan

Media Center, Rabu ( 25/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep meminta masyarakat mendukung penerbangan perintis rute BandaraTrunojoyo (Sumenep) menuju ke Pulau Pagerungan Kecamatan Sapeken.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, mengatakan, masyarakat Sumenep harus menyambut baik penerbangan perintis rute Sumenep menuju Pulau Pagerungan dan sebaliknya, alasannya pemerintah daerah membuka akses jalur penerbangan itu pada dasarnya ingin meningkatkan layanan transportasi kepulauan.

“Apalagi, kami untuk penerbangan perintis itu membutuhkan proses yang panjang dengan pihak terkait, melalui beberapa kali pertemuan supaya penerbangan dari daratan ke kepulauan bisa terealisasi agar tidak hanya mengandalkan transportasi laut saja,” tegas Bupati pada penerbangan perdana di Bandara Trunojoyo, Rabu (25/09/2019).

Untuk itu, menurut Bupati dua periode ini, masyarakat untuk mendukung penerbangan perintis dengan memanfaatkannya sebagai transportasi manakala ingin pergi atau pulang ke kepulauan, sehingga penerbangan itu menjadi jalur padat dan gemuk.

Pemerintah daerah bersama pihak terkait, apabila jalur penerbangan Sumenep menuju ke Pulau Pagerungan menjadi jalur penerbangan gemuk, tentu saja menambah pesawatnya.

“Pesawat tambahan untuk melayani rute Sumenep menuju Pulau Pagerungan sudah ada dan siap melayani penerbangan di Kabupaten Sumenep, hanya saja masih menunggu perkembangan penumpangnya. Yang jelas kalau penumpangnya banyak pasti ada pesawat tambahan yang melayani rute Sumenep ke kepulauan itu,” tutur Bupati.

Pesawat perintis yang melayani rute Sumenep menuju Pulau Pangerungan adalah pesawat Susi Air Chessna Grand Caravan 2018 dengan kapasitas penumpang sebanyak 10 orang.

Bupati mengungkapkan, pemerintah daerah terus berupaya melakukan pengembangan bandara di kepulauan lainnya, seperti di Kecamatan (Pulau) Arjasa dan Kecamatan (Pulau) Masalembu untuk mempermudah transportasi masyarakat di kepulauan, bahkan pembangunan badara di Kecamatan (Pulau) Arjasa sudah teranggarkan di APBD.

“Pemerintah daerah di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 memprogramkan anggaran dana sebesar Rp6 miliar untuk pembangunan bandara di Kecamatan (Pulau) Arjasa atau Kangean,” pungkasnya.

Penerbangan perdana pesawat perintis Susi Air itu, membawa 10 penumpang di antaranya Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Kepala Bandara Kelas IIB, Indra Triantono dan beberapa pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Penerbangan ke kepulauan Pagerungan menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) Menteri Perhubungan 163/2019 tentang Penggunaan Sementara Bandara Khusus Pagerungan untuk kebutuhan masyarakat kepulauan.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Agustiono Sulasno menambahkan, penerbangan perintis Sumenep-Pagerungan dijadwal seminggu sekali, namun makala animo masyarakat cukup tinggi, pasti jadwal penerbangan itu bertambah.

“Penerbangan perintis ke Kepulauan sebagai modal transportasi alternatif yang selama ini bergantung pada armada laut, apalagi dengan transportasi udara itu jarak tempuh hanya 1 jam dari Sumenep menuju Pulau Pagerungan atau sebaliknya,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )