Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-02-2021
  • 360 Kali

Antisipasi Banjir, DLH Imbau Masyarakat Buang Sampah Pada Tempatnya

Media Center, Kamis ( 25/02 ) Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir khususnya pada musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep imbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan utamanya membuang sampah pada tempatnya.

"Untuk mencegah banjir selama musim penghujan, kami mengimbau masyarakat Sumenep untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya," ungkap Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep, Agus Salam, Kamis (25/02/2021)

Menurutnya, membuang sampah pada tempatnya merupakan kebiasaan kecil yang harus diterapkan saat berada dimana saja, sebab faktor penyebab banjir juga terjadi karena penumpukan sampah baik di sungai maupun selokan di daerah pemukiman penduduk.

Di samping itu menurut Agus, membudayakan membuang sampah pada tempatnya, sangat penting dalam membangun kesadaran masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar. Karena itu, instansinya juga telah melakukan sosialisasi tentang pentingnya kebersihan lingkungan serta mewajibkan semua kecamatan dan desa, bahkan RT/RW membentuk kelembagaan pengelolaan sampah.

"Kita juga mewajibkan masing-masing rumah tangga untuk menyediakan tempat sampah, sehingga kebersihan lingkungan semakin terjaga, bahkan setiap RT juga harus mengkoordinir Pasukan Kuning untuk mengangkut sampah," tandasnya. ( Ren, Fer )